Logo
images

Wana Wisata Kampoeng Ciherang, IRIS iNDONESIA.

Wana Wisata Kampoeng Ciherang

irisindonesia.com - Suguhan mempesona pemandangan di sepanjang jalan memanjakan mata siapapun yang melihatnya dari mulai pesawahan, kebun sayuran, dan sungai yang mengalir di pinggir jalan yang turut memperindah suasana perjalanan.

Hawa sejuk yang menyelimuti sepanjang jalan menuju perkampungan di ujung Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang ini. Wana Wisata Kampoeng Ciherang itulah destinasi wisata baru yang memiliki pemandangan luar biasa, dan sedang digandrungi oleh masyarakat Tanjungsari dan sekitarnya. Jauh dari higar bingar perkotaan dan lingkungannya masih asri dan ekosistem alamnya masih terjaga dengan baik. Hutan Pinus yang menjulang tinggi, berjejer membentuk barisan yang apik, seakan-akan menutupi matahari yang akan menyinari tempat wisata tersebut, air jernih yang mengalir di aliran sungai sepanjang hutan kawasan wisata ini.

Baca Juga : Presiden Amanatkan Pengembangan Destinasi Pariwisata Baru

Pesona susunan bambu dan batu, ucapan selamat datang yang dibuat secara rapih yang bertuliskan Wana Wisata Kampoeng Ciherang yang pertama kali menarik saya untuk berfoto di depan pintu masuk lokasi wisata ini. Wana Wisata Kampung Ciherang yang berlokasi di Dusun Cijambu, Desa Kadakajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Destinasi wisata baru diresmikan pada pertengahan Februari 2017 oleh Elan Berlian, Kepala Divisi Regional Direktorat Perum Perhutani Jawa Barat dan Banten. Berawal dari kecintaan masyarakat untuk menyelamatkan lingkungan, dan atas desakan warga Desa Cijambu karena adanya kegiatan off-roader ilegal yang memasuki hutan Ciherang, sering kali merusak tanaman hutan lindung di sekitar kawasan ini. Jika tidak ditindaklanjuti maka ekosistem hutan akan rusak dengan sendirinya.

Oleh karena itu, pihak Perum Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan menggandeng investor berkerjasama untuk mengatasi permasalahan tersebut. Nama Wana Wisata Kampoeng Ciherang pada libur Lebaran 2017 ramai menjadi perbincangan para netizen di media sosial. Sajian paduan hutan pinus dan aliran air sungai nan jernih (Sunda = herang ) menjadikan kawasan ini jadi spot wisata favorit terbaru di Kab. Sumedang.

Kejelian pihak Perum Perhutani KPH Sumedang BKPH Manglayang Timur RPH Cijambu untuk membenahi area wisata alam seluas 12 hektare ini terbukti mampu menyedot kunjungan wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Dengan suguhan pemandangan lahan pesawahan dan perkebunan yang subur di sepanjang jalan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Meski terbilang tempat wisata baru, fasilitas di tempat wisata ini sudah cukup memadai, seperti tersedianya warung-warung, musala, WC, gazebo, outbond, wahana air, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk wahana yang disediakan, wisatawan dapat menguji adrenalinnya karena di lokasi ini tersedia outbond, mini motocross, rumah pohon, wahana air, persewaan kuda tunggang, rumah pohon, area bermain anak, selfie spot, perahu karet, sepeda di atas tali, sarang burung, dan lainnya. Lokasi wisata ini kini jadi destinasi baru terutama para remaja.

Namun para orang tua pun banyak yang menjadikan kawasan wisata yang lagi ngehits di Sumedang ini jadi tujuan. Tampak anak-anak kecil pun begitu riang bermain di alira sungai nan jernih juga di area tempat bermain anak. Sementara bagi yang suka selfie, di sini banyak spot yang sangat pas buat latara berfoto-foto.

Bahkan, Kampoeng Ciherang pun kini jadi tujuan baru para fotografer juga para pasangan yang melakukan sesi foto prewedding. Wanawisata ini berlokasi di Desa Cijambu, Kec.Tanjungsari, Kab.Sumedang. Jaraknya kurang lebih 10 km dari Tanjungsari.

Bila Anda berangkat dari Bandung keluar tol Cileunyi-Jatinangor-Alun-alun Tanjungsari sekitara 500 m dekat pangkalan ojek belok kiri ke arah Tungturunan Tanjungsari-ke arah utara menuju wilayah Desa Pasigaran, pinggiran Desa Kadakajaya, kemudian ke Desa Cijambu Desa Cijambu sendiri berlokasi di ujung utara wilayah Kecamatan Tanjungsari dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Subang dan Kecamatan Rancakalong di ketinggian kaki Gunung Cijambu, sebelah timur laut Gunung Manglayang.

Baca Juga : Eco Park, Kampung Karuhun Sumedang

Di Kampoeng Ciherang juga telah disediakan area wisata kuliner yang menyediakan berbagai masakan khas Sunda, seperti nasi timbel dan nasi liwet. Selain itu wisatawan juga dapat membeli oleh oleh baik berupa makanan khas Sumedang maupun souvenir khas Sumedang.

Jadi tunggu apalagi, rencanakan liburan Anda bersama keluarga, orang tercinta dan sahabat Anda untuk mengunjungi Kampoeng Ciherang. Tetap jaga kebersihan lingkungan dan alam kita yah, dengan membuang sampah pada tempatnya.. Salam IRIS INDONESIA!


TAG

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

Tinggalkan Komentar