Logo
images

Sarah Sampepadang, IRIS INDONESIA.

Seni Tari Tradisional Indonesia di Era Modern

irisindonesia.com - Seperti yang kita ketahui sekarang ini generasi muda yang biasa kita sebut dengan istilah “Kids Zaman Now” sedang menggandrungi segala hal yang berbau modern. Seperti teknologi, fashion, dan juga budayanya pun sudah mulai mengikuti budaya modern. Tidak dapat dipungkiri bahwa budaya modern tersebut telah menggerus sedikit demi sedikit budaya tradisional atau budaya asli Indonesia itu sendiri.

Kita sebagai warga indonesia patut berbangga karena negeri tercinta ini memiliki keindahan alam dan ribuan kebudayaan yang sangat mempesona, tapi banyak dari pemuda-pemudi di Indonesia yang enggan bahkan memandang kebudayaan Indonesia sebagai budaya yang kuno. Mereka menganggap di era globalisasi seperti saat ini kebudayaan Indonesia terkesan ketinggalan jaman, karena tidak mengikuti perkembangan jaman. Oleh sebab itu sudah seharusnya kita sebagai warga Indonesia melestarikan budaya serta mengingatkan betapa berharga dan pentingnya kebudayaan nusantara kita.

Baca Juga : Wayang Kulit, Salah Satu Puncak Seni Budaya Bangsa Indonesia Yang Bernilai Adiluhung

Kebudayaan Indonesia yang begitu beragam, membuat Indonesia memiliki daya tarik bagi penduduk di belahan dunia. Bahkan tidak sedikit dari mereka tertarik untuk mempelajari nya, karena mereka beranggapan bahwa kesenian dan kebudayaan Indonesia begitu unik, dan menarik untuk di pelajari.

Contohnya yaitu di Seni Budaya Tari Tradisional Indonesia, sekarang ini lebih banyak generasi muda yang memilih untuk menekuni Tari Modern seperti Kpop, Hiphop, R&B, dan lain sebagainya dibandingkan menekuni tari tradisional Indonesia yang sebenarnya banyak sekali mengandung nilai moral di sertiap gerakannya. Kondisi yang seperti itu yang membuat tari tradisional semakin tersingkir dari tempatnya. Padahal jika bukan para generasi muda yang ikut mengembangkan budaya tari tradisional kita, siapa lagi yang akan melestarikannya agar tetap eksis sampai zaman anak cucu kita nanti?

Oleh sebab itu, banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan dalam melestarikan tari tradisional Indonesia yang sedang digalakan Pemerintah Indonesia yang dalam hal ini dijalankan oleh Dinas Budaya dan pariwisata (DISBUDPAR), yaitu dengan menyarankan sekolah-sekolah untuk mengadakan ekstrakulikuler menari (Tari Tradisional), mengadakan lomba-lomba tari antar sekolah tingkat nasional, seperti FL2SN dan lomba Suku Dinas Pariwisata, dengan reward jika memenangkan kompetisi, anak tersebut akan lebih mudah masuk sekolah yang diinginkannya dengan jalur prestasi.

Namun, selain upaya dari pemerintah tersebut, ada pula dari pihak swasta yang ikut serta dalam pelestarian seni budaya tari di Indonesia. Seperti seniman-seniman tari yang mendirikan sanggar sebagai wadah pelestarian seni tari tradisional untuk warga sekitar, dan juga perusahaan yang mengadakan event kompetisi tari sehingga membangkitkan minat generasi muda untuk mempelajari tari tradisional. Contoh konkretnya, event “Indonesia Menari” yang diadakan oleh Djarum Foundation dan Galeri Indonesia Kaya, dengan menggabungkan unsur modern dan tradisional mampu membangkitkan minat anak muda mempelajari tari tradisional Indonesia, dan juga event kompetisi tari tradisional lainnya.

Baca Juga : Mangampu, Pemberian Marga Dalam Adat Batak Bagi Mereka Yang Bukan Suku Batak

Dari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan swasta tersebut, sedikit demi sedikit membuahkan hasil yang manis, yaitu dengan banyaknya anak muda sekarang mulai menekuni seni tari tradisional. Bahkan, tidak sedikit juga diantara mereka yang mengikuti misi budaya dan juga kompetisi tari internasional, dan membawa penghargaan-penghargaan yang mengharumkan nama Indonesia di luar negeri. Walaupun belum banyak dipublish di media, seni tari Indonesia sudah memiliki prestasi-prestasi yang cukup membanggakan.

Jadi sudah menjadi tanggung jawab bagi kita semua untuk bisa selalu menjaga kelestarian tari daerah yang sangat beragam di Indonesia, sebagai bangsa Indonesia yang selalu menekankan nilai pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari kita patut berbangga diri karena kita bisa disatukan melalui komitmen tersebut yang akan selalu kita ingat sampai masa yang akan datang. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya tradisional, khususnya di bidang seni tari.

Marilah generasi muda, kita mulai tanamkan rasa cinta akan budaya kita sendiri! Jangan sampai tari tradisional kita diakui oleh negara lain untuk kesekian kalinya. Ayo, lestarikan tari tradisional indonesia sekarang juga.. Salam IRIS INDONESIA!


TAG

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

Tinggalkan Komentar