Logo
images

Pengembangan Industri Pariwisata Dan Strategi Promosi

irisindonesia.com - Pariwisata adalah salah satu senjata bagi Indonesia saat ini dalam menggerakkan ekonomi daerah. Pasalnya, pariwisata merupakan salah satu sektor yang tidak terpengaruh dengan adanya goncangan ekonomi global. Untuk itu, pemerintah saat ini fokus untuk mengembangkan industri pariwisata. Pembangunan infrastuktur pun secara pesat dilakukan oleh pemerintah pada destinasi pariwisata prioritas.

Menurut Bapak Presiden Jokowi, salah satu hal yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah mengembangkan sumber daya manusia pada sektor pariwisata. Kunci keberhasilan pengembangan industri jasa pariwisata dan industri kreatif adalah keberanian kita untuk berinvestasi pada penyiapan sumber daya manusia. Bapak Presiden Jokowi juga menyarankan pengusaha muda untuk melirik berbagai hal yang berkaitan dengan ritel dan gaya hidup. Bisnis ini dinilai sebagai salah satu potensi yang amat menguntungkan.

Baca Juga : DESA WISATA, UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Dalam industri pariwisata Indonesia telah memiliki keunggulan dari segi geografis dan persilangan antara flora dan fauna yang merupakan kombinasi antara timur dan barat. Untuk itu kita tidak terlalu pusing untuk memikirkan objek atau tempat apa saja yang bisa dijadikan sebagai tempat pariwisata.

Yang kita harus pikirkan adalah bagaimana untuk melakukan pengembangan dan promosi industri pariwisata Indonesia. Beberapa hal penting yang erat hubungan nya dengan promosi adalah sebagai berikut :

1. Menyediakan Informasi yang rinci dan mudah diakses.

Dengan harapan hal ini bisa memudahkan turis lokal maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke kawasan tertentu. Segala bentuk akomodasi (tempat istirahat,restoran, hotel) dan transportasi harus mudah diakses demi pelayanan terbaik terhadap masyarakat (lokal dan mancanegara).

Step by step : Dapat di mulai dengan hal yang kecil dan mudah terlebih dahulu seperti; Perbaharui dan sebarkan secara gratis rute perjalanan dari Transjakarta. Ini dapat mempermudah para pengguna jasa transportasi untuk menuju ke suatu tujuan, serta menarik perhatian para pengguna jalan untuk menggunakan jasa dari Transjakarta ini.

2. Media massa sebagai alat promosi.

Jangan pernah meremehkan kekuatan media massa karena media massa sebagai salah satu alat yang kuat untuk melakukan suatu penyebaran informasi dan promosi yang dapat mudah mempengaruhi orang-orang yang melihatnya. Kita harus mengembalikan kepercayaan bahwa Indonesia memiliki banyak hal yang patut dibanggakan. Cara untuk beriklan pun perlu disesuaikan dan dikemas dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakt luas. Contoh; Penyebaran Kebudayaan Indonesia melalui suatu acara humor atau reality show. Kita bisa mengambil contoh dari luar negeri terdapat suatu acara reality show/game show yang selalu mengambil setting tempat yang menarik dan menunjukkan ciri khas negaranya.

Step by step : Mulai mengisi berbagai stasiun televisi kita dengan acara dan iklan yang berbobot bukan hanya sinetron atau tayangan infotaintment yang tidak mencerminkan kebudayaan Indonesia. Visualisasikan iklan dan acara di stasiun televisi kita dengan background tempat wisata, kuliner, pakaian, juga kebudayaan khas Indonesia.

3. Gelar sosialisasi dan event–event kebudayaan dalam rangka menanamkan pola pikir cinta budaya lokal.

Perlu diadakan sebuah sosialisasi dan event yang mampu merubah pola pikir masyarakat lokal akan kecintaan mereka terhadap Indonesia dan memajukan pendidikan mereka akan pariwisata Indonesia. Yang kemudian dapat dilanjutkan kepada event ke dunia internasional akan kualitas industri pariwisata Indonesia yang memang sudah mampu bersaing di luar sana.

Baca Juga : Presiden Amanatkan Pengembangan Destinasi Pariwisata Baru

Step by step : Menggelar kompetisi atau event fotografi kebudayaan, mengadakan touring melewati berbagai daerah wisata di Indonesia. Untuk mensukeskan langkah tersebut dibutuhkan sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakatnya. Diperlukan suatu komunikasi yang baik dan komprehensif, seperti dengan menyebarkan informasi melalui media internet, jejaring sosial, membuat pre-event/post-event yang menarik, serta melibatkan berbagai kalangan untuk menjadi pihak ketiga dalam menyampaikan informasi tersebut.


TAG

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

Tinggalkan Komentar