Logo
images

kampung turis, desa mekarbuana kec. trgalwaru kab.karawang jabar

Pemprov Jawa Barat Kembangkan 50 Desa Emas

Iris Indonesia, Bandung -  Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengembangkan 50 desa yang tersebar menjadi desa emas. Di antaranya Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Desa emas merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna mempersiapkan desa-desa agar memiliki daya saing. Perangkat Desa akan dilatih mulai dari kemandirian, kewirausahaan, dan keadilan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kami akan bangun jalan yang rusak, terutama akses jalan sepanjang 6 kilometer dari Desa Kutamaneuh hingga Desa Medalwangi. Kami juga akan membangun gedung sekolah," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, (20/4/2016)

Pria yang akrab disapa Aher itu mengaku akan mendorong pembangunan perekonomian masyarakat desa di wilayah Jawa Barat. Dia juga berjanji akan memerbaiki jalan yang rusak sepanjang 6 km itu menggunakan APBD Provinsi Jawa Barat.

"Nanti akan kami perbaiki jalannya. Tahun 2017 akan kami anggarkan di provinsi," kata dia.

Pembangunan infrastruktur merupakan pekerjaan rumah pemerintah daerah. Misalnya di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang. Selama ini, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tegalwaru tidak memiliki bangunan sekolah sehingga harus menumpang di Sekolah Dasar Cintawangi.

"Tahun ini, ada 11 pembebasan lahan yang akan dilakukan Pemprov Jawa Barat untuk membangun sekolah. Salah satunya untuk pembangunan SMA di sini," ujar dia.

Aher mengaku pihaknya mendorong pembangunan di sektor pendidikan. Menyusul pengalihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi pada 2017 mendatang.

"Kami akan fokus ke SMA. Apalagi tahun depan SMA/SMK di bawah pengelolaan provinsi. Perguruan tinggi di pusat, SMA di provinsi, dan SD SMP di kabupaten/kota. Tentunya SMA/SMK yang negeri bisa gratis," kata dia.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyambut baik rencana Pemprov Jawa Barat untuk mengembangkan Desa Mekarbuana. Dengan potensi yang dimiliki, bukan tidak mungkin Desa Mekarbuana dapat menjadi salah satu tujuan destinasi unggulan di Jawa Barat.

Sumber : Metrotvnews

Editor    : Ast


TAG Indonesia

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

2 Komentar

  1. zenner

    Tahun ini, ada 11 pembebasan lahan yang akan dilakukan Pemprov Jawa Barat untuk membangun sekolah. Salah satunya untuk pembangunan SMA di sini

    Balas

Tinggalkan Komentar