Logo
images

NANDITO ART GUITAR CUSTOM & HAND CRAFT

irisindonesia.com - Gitar adalah sebuah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, umumnya menggunakan jari maupun plektrum. Gitar terbentuk atas sebuah bagian tubuh pokok dengan bagian leher yang padat sebagai tempat senar yang umumnya berjumlah enam didempetkan.

Gitar secara tradisional dibentuk dari berbagai jenis kayu dengan senar yang terbuat dari nilon maupun baja. Beberapa gitar modern dibuat dari material polikarbonat. Secara umum, gitar terbagi atas 2 jenis: akustik dan elektrik.

Baca Juga : Musik di Indonesia

Gitar Custom

Gitar Custom merupakan istilah yang seering dipakai oleh pemain gitar. Ada 3 macam pengetian dari Custom itu sendiri, diantaranya :

1. Custom series asli dari pabrik merk tertentu;

Custom series asli dari pabrik merk tertentu. Gitar dengan seri tertinggi biasanya, dan sangat terbatas dalam produksi. Contohnya: Fender Custom Shop series yang berkisar 50 juta rupiah ke atas. Fender seri custom diproduksi oleh Fender USA, dengan menggunakan kayu kualitas terbaik, hardware terbaik, dengan spesifikasi terbaik mereka. Setiap gitar yang dihasilkan unik, dan dikerjakan dengan ketelitian tertinggi dan satu per satu, sehingga disebut custom

2. Custom artisan handmade dengan spesifikasi sesuai keinginan pembeli;

Custom artisan handmade dengan spesifikasi sesuai keinginan pembeli. Gitar ini biasanya memiliki keunikan sendiri sesuai pesanan pembeli. Contohnya, pembeli ingin pickup tertentu, bentuk tertentu, ukuran sesuai pembeli, karakter suara dan kayu sesuai keinginan. Custom di sini berarti disesuaikan keinginan pembeli. Kita dapat membeli gitar seperti ini di banyak luthier lokal yang melayani pesanan.

3. Custom duplikat suatu seri.

Ini jenis gitar yang tidak kami rekomendasikan. Sekilas, duplikat suatu seri terlihat mirip aslinya, tetapi kayu, hardware, dan teknik pembuatan tidak sesuai standard aslinya. Alhasil, seringkali nada yang dimainkan fals pada fret tertentu. Selain itu, suara yang dihasilkan tentunya tidak sesuai aslinya, bahkan seringkali kurang bagus karena hardware yang digunakan kurang bagus. Kami beranggapan lebih baik membeli gitar standard asli yang ekonomis daripada gitar custom duplikat, karena control kualitas untuk pabrik jauh lebih tinggi.

Baca Juga : Kreatif dan Inovatif Menjaga Kebudayaan Indonesia

Gitar custom asli maupun artisan handmade dapat menghasilkan suara yang merdu dan sesuai standard, tetapi custom duplikat cenderung memiiki ukuran yang kurang presisi. Hati-hatilah dalam membeli dan menggunakan istilah gitar custom. Bukankah sebagai musisi lebih baik menghasilkan nada yang tepat daripada nada fals. Untuk itu kami merekomendasikan seorang Luthier Lokal bernama Dwi Nandito (Nandito Art), yang sudah memiliki jam terbang cukup banyak dan telah menghasilkan banyak karya tangan yang luar biasa.

Nandito ART

Nandito Art adalah tempat pembuatan gitar replika atau gitar custom. Usaha yang digeluti oleh Dwi Nandito ini sudah berdiri sejak lama, dan sudah cukup banyak menghasilkan karya tangan yang luar biasa. Nandito Art juga Menerima servis gitar dalam keadaan apapun serta konsultasi gratis seputar gitar.

Bila Anda tertarik, ingin membuat gitar custom dan servis gitar Anda atau sekedar konsultasi seputar gitar, Anda bisa langsung ke "Nandito Art" di Komplek Griya Permata Indah C 3, Sindang Panon, Banjaran-Kabupaten Bandung.

 

Contact Nandito Art :

Intagram https://www.instagram.com/nandito_art/

Facebook https://www.facebook.com/kajol.tersakiti

Blogspot http://nanditoart.blogspot.co.id/

WhatsApp +6282121964495


TAG

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

Tinggalkan Komentar