Logo
images

Gereja Kristen Pasundan Sumedang dan beberapa peserta lainnya, melakukan wisata Rohani (Mesir-Israel-Jordania). (05-16 Juli 2017)

Menelisik Wisata Rohani Dan Tips Merencanakan Tour Wisata Rohani Yang Aman

irisindonesia.com - Yerusalem menjadi salah satu kota tertua di dunia yang terletak di sebuah dataran tinggi di Pegunungan Yudea antara Laut Tengah dan Laut Mati. Melihat lokasi geografis ini, tak ayal jika menjadi lokasi wisata favorit, khususnya untuk wisata rohani.

Kota ini pun tak pernah sepi bagi masyarakat dunia yang ingin menghabiskan waktu liburan sembari wisata rohani. Sejatinya, tak hanya Yerusalem, akan tetapi sejumlah tempat wisata lainnya juga patut dikunjungi.

Di Yerusalem sendiri, Anda bisa mengunjungi Bukit Zaitun, sebuah bukit yang terbentang dengan tiga puncaknya, yang masing-masing memiliki nama berbeda. Untuk puncak di selatan, bagi umat kristiani disebut Gunung Skandal. Karena di lokasi itulah Raja Solomo mendirikan tempat pemujaan dewa yang dihormati istrinya yang asing. Bukit Zaitun dikatakan sebagai tempat ibadah, mengingat di tempat itu lah Yesus naik ke surga dan menjadi lokasi yang sering dikunjungi untuk berdoa.

Baca Juga : ELITE Travel And Tour, Tips Dalam Memilih Agen Wisata Untuk Perjalanan Wisata Anda

Dari Yerusalem, Anda bisa mengunjungi Bethlehem, sebuah kota Palestina di Tepi Barat dan merupakan sebuah pusat budaya Palestina dan industri pariwisata dengan penduduk berjumlah 29.019 jiwa. Kota ini memiliki arti penting bagi umat Kristiani karena dipercayai sebagai tempat kelahiran Yesus dari Nazaret.

Di kota ini juga terdapat makam Rahel. Tak hanya itu, Betlehem juga memiliki banyak gereja yang memiliki nilai sejarah tinggi. Salah satunya, Gereja Kelahiran atau Nativitas, sebuah bangunan gereja tertua di dunia yang hingga kini masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan. Bangunan ini didirikan di atas gua yang menurut kepercauaan sebagai tempat lahirnya Kristus.

Oleh karena lokasi demikian, Betlehem menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi ketika melaksanakan wisata Rohani ke Israel. Masih di Israel, lokasi rohani yang patut dikunjungi ialah Kota Nazaret. Sebuah kota kuno di utara Israel. Di kota inilah Yesus Kristus dibesarkan.

Kota ini berada di antara Pegunungan Libanon dengan posisi pada sebuah bukit yang terjal. Kota kuno ini tak pernah sepi dari para wisatawan, khususnya mereka yang melaksanakan wisata rohani. Berlanjut ke Via Dolorosa atau dalam bahasa latin disebut Jalan Penderitaan. Kenapa? karena di jalan ini yang menjadi lokasi perjalanan Yesus seraya memanggul salib menuju Kalvari. Di lokasi ini terdapat tanda dengan 14 titik salib.

Banyak peziarah yang selalu memenuhi kota ini. Lokasi wisata rohani terakhir yang wajib dikunjungi ialah Kota Petra. Di kota ini, Anda bisa melihat sebuah kota dengan bangunan kuno dan bernilai arkeolog. Karenanya, kota ini menjadi salah satu situs warisan dunia Unesco sejak tahun 1985.

Petra diprediksi berdiri sejal awal 312 sebelum masehi dengan sebutan pertama kali Nabataeans. Mengunjungi kota ini, Anda disajikan tak hanya untuk melaksanakan wisata rohani tetapi sekaligus menikmati keindahan bangunan kuno dengan arsitektur arkeolog yang menawan.

Tips Merencanakan Tour Wisata Rohani

Tanah suci Yerusalem menawarkan beragam situs rohani yang begitu identik dengan tiga agama besar dunia: Kristen, Yahudi dan Islam. Bagi ketiga agama ini, Yerusalem adalah jantung sejarah agama mereka sehingga bukan sesuatu yang mengherankan jika kemudian tempat ini kerap dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga : Tips Memilih Agen Wisata Untuk Perjalanan Wisata Anda

Sebagian besar diantaranya memilih melakukan perjalanan ziarah rohani secara berkelompok karena menimbang beragam rencana yang bisa dilakukan di Yerusalem dan sekitarnya. Minat dan kerinduan sejumlah orang untuk mengunjungi tanah suci ini pun mendorong sejumlah jasa pelayanan wisata rohani bermunculan. Mereka diantaranya menawarkan berbagai paket wisata rohani ke tanah suci Israel lengkap dengan berbagai aktivitas yang boleh dilakukan di sana.

Tentu saja melakukan ziarah rohani memakan biaya yang sangat besar. Untuk itu, diperlukan perencanaan matang baik dalam hal memilih jasa perjalanan maupun serangkaian aktivitas yang bisa dilakukan di tempat tujuan.

Supaya perjalanan rohani Anda aman dari berbagai penipuan berkedok promo wisata rohani dan juga mendapatkan perjalanan yang menyenangkan Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini :

1. Tentukan tujuan wisata rohani terlebih dahulu

Banyak pilihan perjalanan rohani yang ditawarkan oleh para jasa perjalanan, misalnya perjalanan yang fokus untuk menziarahi situs-situs suci Kristen di Israel. Adapula jasa perjalanan yang khusus untuk mengunjungi tempat-tempat rohani agama tertentu.

Untuk itu penting memastikan serangkaian perjalanan rohani yang ingin Anda lakukan di sana. Pilihlah jasa tour rohani yang fokusnya sesuai dengan keyakinan dan juga keinginan Anda.

Jika Anda memiliki kemampuan menyusun rencana tour ziarah Anda sendiri, Anda hanya perlu meminta bantuan dari Kementerian Pariwisata Israel untuk mendampingi Anda mengunjungi berbagai tempat-tempat suci Kristen yang Anda ingin kunjungi di Yerusalem. Kementerian Pariwisata Israel pada umumnya bertanggung jawab mengurus situs seperti Gereja Makam Kudus, Taman Makam, Bukit Zaitun dan candi-candi.

2. Pilih jasa perjalanan yang tepat

Jasa perjalanan rohani yang Anda pilih sangat menentukan nyaman tidaknya perjalanan rohani Anda. Jika Anda ingin fokus mengunjungi situs tertentu, pertimbangkanlah untuk bergabung di kelompok tour sesuai dengan tawaran perjalanan dari tour rohani.

Beberapa perusahaan wisata berpegang pada jadwal yang ketat, sementara yang lainnya menawarkan waktu luang dan pilihan yang disesuaikan. Jadi hal ini juga perlu menjadi pertimbangan besar sebelum memutuskan pilihan jasa tour rohani.

3. Pastikan membawa barang-barang yang dibutuhkan selama tour rohani

Ketika hendak melakukan ziarah rohani ke Israel, pastikanlah untuk teliti dan mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan selama perjalanan. Jika Anda bepergian di saat musim panas, bawalah pakaian musim panas saja.

Atau bila Anda ingin sekaligus berkunung ke tanah sucisi akhir tahun saat Israel tengah menjalani musim Salju, bawalah pakaian musim dingin seperti jaket dan baju tebal. Tentu saat berwisata mengunjungi beragam situs rohani, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu berjalan kaki jadi penting bagi Anda untuk membawa persediaan sepatu atau sandal yang nyaman digunakan untuk perjalanan panjang.

4. Pastikan pemimpin rombongan wisata rohani

Jika Anda berketepatan ikut dalam suatu rombongan tour rohani yang hendak bepergian ke tempat-tempat wisata yang sama, pastikanlah terlebih dahulu siapa yang akan memimpin rombongan tour Anda. Tanyakan apakah dia benar-benar berpengalaman dan pribadi yang asyik dan bersahabat. Pastikan hal itu sebelum berangkat karena sama seperti memilih tour perjalanan yang tepat, pemandu tour yang tepat juga akan mempengaruhi asyik tidaknya perjalanan Anda.

Demikianlah tips-tips perjalanan rohani yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tengah merencanakan perjalanan wisata akhir tahun ke Israel, tips ini mungkin bisa membantu.

Mau melihat betapa menariknya liburan ke Holyland? Anda bisa menggunakan MAHALOKA HOLYLAND TOUR TRAVEL sebagai sahabat perjalanan Anda menuju destinasi yang luar biasa.

Referensi : Lori Mora (Official Writer)


TAG

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

Tinggalkan Komentar