Logo
images

Ilustrasi, Desa Dampit & Desa Tanjungwangi-Cicalengka/IRIS INDONESIA

Membangun Wisata Desa Dengan Kelompok Sadar Wisata Atau Pokdarwis

irisindonesia.com - Pariwisata adalah salah satu jenis usaha yang kini menjadi primadona warga desa. Faktanya, hanya dalam beberapa tahun saja perkembangan wisata desa dan desa wisata, luar biasa. Siapakah sebenarnya yang beraksi hingga menciptakan lompatan besar ini, salah satunya Pokdarwis alias Kelompok Sadar Wisata. 

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) adalah lembaga yang didirikan warga desa yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya kepariwisataan di wilayah desa mereka serta mewujudkan Sapta Pesona. Kepariwisataan ini diharapkan bakal meningkatkan pemabngunan daerah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa.

Baca Juga : Pengembangan Industri Pariwisata Dan Strategi Promosi

Pokdarwis adalah kelompok yang bergerak secara swadaya artinya pengembangan kepariwisataan yang dilakukan di desa itu bersumber dari kekuatan desa sendiri dengan segala potensinya. Pokdarwis juga harus membangun dirinya secara swakarsa alias menciptakan pengembangan berdasar potensi kreativitas yang mereka miliki karena merekalah yang memiliki kuasa atas pengembangan desa dengan segala sumber daya yang mereka miliki.

Maka beberapa hal yang harus dilakukan Pokdarwis adalah mengingkatkan pemahaman mengenai kepariwisataan. Kepariwisataan memiliki banyak cakupan mulai dari cara melihat potensi wisata di desa, mengolah daya dukung yang ada dan mengembangkannya menjadi sebuah sektor yang bisa mendongkrak pendapatan warga maupun pemasukan daerah. Maka, warga desa yang menjadi anggota Pokdarwis harus terus mengasah dirinya mengenai pemahaman kepariwisataan agar terus berkembang.

Pokdarwis juga harus memacu peran dan pertisipasi masyarakat dalam membangun potensi wisata yang dimiliki desanya sehingga pengetahuan dan keahlian dalam kepariwisataan warga desa terus berkembang. Dengan demikian pariwisata bakal bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan ekonomi warga desa. Secara luas, Pokdarwis bertanggung-jawab penuh mengenai bagaimana menciptakan manfaat kepariwisataan bagi warga masyarakay (terutama anggota Pokdarwis sendiri) dan secara keorganisasian terus berupaya mensukseskan pembangunan kepariwisataan di desa.

Keberhasilan Pokdarwis Di Desa Nglanggeran-Yogyakarta Dan Beberapa Desa Lainnya

Pada banyak desa, peran Pokdarwis mengembangkan wisata di desa sangat terasa manfaatnya. Seperti yang terjadi di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta, berkat peran Pokdarwis, desa ini tidak hanya menjadi destinasi wisata utama di Jogja karena Gunung Purba yang dimilikinya tetapi mengembang menjadi wisata kuliner, wisata petualangan dan warga melahirkan banyak produk yang kemudian menjaid laris manis dijual pada para wisatawan.

Awalnya, warga sepakat menjadikan bebatuan raksasa bekas gunung purba sebagai obtek utama wisata di desa mereka. Bebatuan berukuran super besar dan berjajaran membentuk gunung batu purba itu memang cantik luar biasa dan memiliki nilai geologis yang sangat kuat karena umurnya yang sangat tua.

Ketika wisatawan mulai berdatangan untuk mengunjunginya, pemerintahan desa dan para pemuda membentuk Pokdarwis untuk memacu pengembangan wisata di desa ini. Para punggawa Pokdarwis yang hampir semuanya anak muda itu segera mengolah berbagai potensi lainnya untuk menjadikan desa mereka menjadi desa wisata dengan berbagai obyek wisata sekaligus. Hasilnya, Nglanggeran tak hanya memiliki magnit wisata Gunung Purba tetapi juga memiliki Embung Desa di puncak bukit yang juga ramai dikunjungi orang karena eksotisme-nya, padahal sebenarnya ini adalah kolam besar penampung air untuk didistribusikan pada area persawahan warga.

Para ibu di kampung ini juga mengembangkan industri rumah tangga mengolah cokelat. Tanaman cokelat memang dibudidayakan warga desa ini. Pokdarwis juga mengembangkan atraksi fliying fox, warung makan, homestay dan beragam makanan ringan yang diolah para ibu rumah tangga berbahan utama hasil pertanian sekitar rumah mereka. Tahun 2016 lalu, Nglanggran terpilih menjadi Desa Wisata Terbaik se-Asia Tenggara. 

Hal yang sama dilakukan Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Idenya berawal dari aktivitas kerajinan wayang mulai dari kulit hingga kayu yang dilakukan warga Dusun Krebet, salahsatu dusun di Desa Sendangsari. Berkat kehadiran Pokdarwis, Krebet kini dikenal sebagai Desa Wisata Budaya karena kerajinan wayang kayunya dan menjadi salahsatu destinasi wisata yang cukup ramai di Yogya. Akhirnya wisata di desa ini berkembang ke kuliner hingga homestay.

Baca Juga : DESA WISATA, UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Di Dieng, Pokdarwis juga sangat aktif mengembangkan potensi desanya dalam hal kepariwisataan. Malang, Jawa Timur juga mengalami percepatan luar biasa berkar kerja Pokdarwis di desa-desa di wilayah ini sehingga Malang menjadi salahsatu kabupaten yang tak pernah sepi dari kunjungan wisata.

Struktur Pokdarwis

Struktur Pokdarwis harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi desa. Dipimpin oleh Ketua, didampingi Sekretaris dan Bendahara, Pokdarwis harus memiliki Koordinator-koordinator sesuai potensi desa. Seperti ini beberapa model stuktur umum yang banyak digunakan oleh Pokdarwis :

  • Pelindung;
  • Ketua;
  • Sekretaris;
  • Bendahara;
  • Seksi Seni dan Potensi Wilayah;
  • Seksi Pemandu Wisata dan P3K;
  • Seksi Homestay;
  • Seksi Kuliner;
  • Seksi Promosi dan Dokumentasi;
  • Seksi Sarana dan Prasarana.

Pokdarwis di sebagian besar desa terbukti memiliki peran signifikan dalam mengembangkan potensi kepariwisataan di desa sekaligus menjadi alat pemberdaya penguasaan kemampuan kepariwisataan desa. Fakta di lapangan, pariwisata adalah jenis usaha yang memiliki kemampuan meningkatkan potensi ekonomi desa dengan lingkup yang sangat luas. Pariwisata membuka banyak peluang kerja, peluang ekonomi dan akhirnya menjadi sebuah pilihan yang menarik mengentaskan kemiskinan di desa-desa yang memiliki potensi mengembangkan wisatanya.

(adji/berdesa)


TAG

Dipost Oleh administrator

"IRIS INDONESIA"

Tinggalkan Komentar