Logo
images

Kepedulian Generasi Muda Terhadap Kelestarian Lingkungan, Alam Dan Manusia Disekitarnya

irisindonesia.com - Seiring dengan arus modernisasi dan globalisasi yang masuk dalam kehidupan kita saat ini, termasuk serangan pengaruh budaya barat yang begitu sedemikian dahsyatnya menerpa generasi muda kita, yang dampaknya tidak hanya di kota metropolitan saja, namun sudah sampai ke daerah-daerah nusantara pelosok, yang sudah tidak mampu lagi dibendung oleh pemerintah kita, yang menyebabkan perubahan yang sangat mendasar pada tatanan kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Hal ini menimbulkan pengaruh yang luar biasa terhadap budaya yang selama ini dijunjung tinggi oleh bangsa ini, yakni budaya saling berbagi, tolong-menolong, kebersamaan, bergotong-royong yang menjadi alat pemersatu kebhinekaan negara tercinta ini.

Sifat-sifat egoistis, individualistik dan sifat masa bodoh serta tidak mau lagi peduli dengan apa yang terjadi di sekitarnya, baik itu lingkungan, alam, dan manusia sekitarnya semakin tampak dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Generasi Muda Dan Pertanian Berkelanjutan

Jadilah Generasi Muda Yang Bijak

Lingkungan merupakan tempat kita tinggal di muka bumi ini, dan lingkungan merupakan aspek penentu dalam keberlangsungan sebuah kehidupan suatu daerah. Terciptanya keharmonisan hidup antar masyarakat bisa terwujud dengan adanya lingkungan yang lestari dan asri.

Pada era saat ini, sebagai generasi muda yang akan memegang kendali kehidupan dalam bermasyarakat di masa yang akan datang, maka sudah sepantasnya bagi para generasi muda baik laki-laki dan perempuan menjadi generasi yang bijak dalam berbagai aspek kehidupan, begitu juga halnya dalam masalah kelestarian lingkungan, mestinya sebagai generasi penerus bangsa sangat wajib untuk bersifat bijak dalam andil mempertahankan kelestarian lingkungan.

Kemajuan tekhnologi tanpa kita sadari membuat para generasi muda kurang bersikap bijak terhadap lingkungan sekitar, banyak penampakan dan bukti bahwa masih kurang bijaknya generasi muda dalam masalah melesarikan lingkungan.

Contoh kecilnya, kita lihat masih banyak pagar-pagar tembok baik pagar sekolah atau pagar tembok bangunan yang menjadi bukti kurang bijaknya generasi muda kita ini, mereka masih semena-mena mencoret-coret dan bahkan menuliskan kata-kata yang senonoh disana, padahal jika generasi muda itu lebih bijak dengan kesadarannya mengenai pentingnya arti pelestarian lingkungan, maka seharusnya generasi muda itu lebih menjaga dan memberikan efek positif kepada masyarakat.

Menjadi generasi muda yang bijak itu harus ditanamkan kedalam sikap dan kepribadian para pemuda, tugas wajib bagi para orang tua untuk ikut membiasakan anak-anak mereka selalu bersikap bijak khususnya rasa keperduliannya terhadap lingkungan sekitar.

Banyak juga fakta yang mengatakan generasi muda kita saat ini sudah tak lagi mencerminkan rasa bijak dan pedulinya kepada lingkungan, malahan cara dan prilaku mereka tidak sama sekali menggambarkan rasa pedulinya kepada kelestarian lingkungan, mereka lebih cenderung bertingkah sebagai perusak lingkungan sekitar, seperti mabuk-mabukan dipinggir jalan, tawuran antar sesama, yang itu semua hanya meninggalkan dampak negatif pada masyarakat dan lilngkungan khususnya.

Generasi Muda Yang Harusnya Menjaga Dan Lebih Berperan

Kelestarian lingkungan kini tak lagi bisa kita rasakan, lingkungan kita sudah jauh dari yang namanya bersih dan asri, linkungan kita sudah tercemari dari berbagai macam polusi dan limbah. Kita tidak menyalahkan mereka-mereka penghasil polusi dan limbah, karena itu semua merupakan faktor berkemangnya teknologi dalam kehidupan kita ini. Namun disini harusnya peranan generasi mudalah yang menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan sekitar kita ini.

Secara teori lingkungan hidup itu meliputi Kekayaan alam baik tanah, air, tumbuhan dan udara juga termasuk dalam kategori lingkungan. Coba kita bayangkan jika salah satu yang diatas mulai tercemar, apakah anda akan nyaman hidup di lingkungan itu? Tentu jawabanya tidak.

Mari kita bangkitkan dan berikan rangsangan positif kepada para generasi muda yang seharusnya berkarya, agar ikut menjaga kelestarian lingkungan dan bukan hanya menjadi perusaknya saja.

Banyak cara untuk melestarikan lingkungan, contoh kecilnya seperti demikian, "di sebuah daerah setiap weekend selalu rutin membersihkan lingkungan baik menyapu jalan, membersihkan saluran air serta mencoba menanam pepohonan yang rindang dan lain sebagainya, dan seharusnya yang melakukan itu adalah para pemuda generasi yang akan memegang warisan kekayaan alam dan sekitarnya."

Adapun cara membiasakan agar para pemuda mau melestarikan lingkungan sebagai berikut :

  • Mengajarkannya sejak mereka masih berada dibangku sekolahan;
  • Menunjukkan betapa pentingnya lingkungan dalam kehidupan sehari-hari;
  • Bagi orang tua seharusnya mendidik dan membiasakan anaknya untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat terhadap lingkungan;
  • Melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat;
  • Menjauhkan diri dari pergaulan bebas yang hanya akan meracuni fikiran generasi muda tersebut.

Dampak Kepedulian

Kepedulian kita semua merupakan alternatif terbaik untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada lingkungan, alam, dan sekitar kita dengan cepat dan efektif. Dampak kepedulian bahkan dapat mengantarkan kita kedalam era kehidupan baru yang lebih aman dan nyaman dan menyenangkan bagi semua orang. Bayangkan kepedulian kita ini sebagai setetes air, itu mungkin tidak berarti. Tetapi bila tetes-tetes air dalam jumlah tak terbatas itu digabungkan, bukan tak mungkin tetes-tetes air itu menjelma menjadi samudra luas.

Sebab kepedulian kita sekecil apapun jika dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus dapat menciptakan perbedaan yang sangat besar di kemudian hari. Sebelum mengharapkan orang lain untuk bersikap lebih peduli, terlebih dahulu kembangkanlah kepedulian itu di dalam diri kita sendiri. Kepedulian akan semakin subur jika kita selalu menanamkan dalam pikiran bahwa kita adalah orang yang sangat peduli.

Baca Juga : Reaksi Generasi Muda Saat Ini Terhadap Budaya Lokal

Bila kita merasa orang yang sangat peduli, maka kita akan senang melakukan tindakan-tindakan kepedulian terhadap lingkungan, alam di sekitar kita dan kepada orang lain. Kepedulian terhadap lingkungan itu mungkin bentuknya sangat sederhana dan mudah dilakukan, misalnya memungut dan membuang sampah pada tempatnya atau mengolah sampah menjadi pupuk, hemat energi dan air, dan lain sebagainya.

Jika terus dilakukan, maka lambat laun kepedulian itu akan menjadi nafas kita. Sehingga kita tidak akan merasa nyaman bila sehari saja tidak melakukan sesuatu yang baik bagi lingkungan. Pupuklah empati, yaitu kepekaan memahami situasi dan kondisi orang lain. Jika kita fokus untuk selalu berempati, walaupun dalam bentuk sederhana misalnya dalam bentuk ucapan yang baik, perhatian, bantuan tenaga, pikiran, sedikit bantuan materi, dan lain sebagainya, maka kita akan merasa lebih bahagia.

Pernah suatu hari master Cheng Yen, yaitu pendiri Yayasan Tzu Chi di Taiwan mengungkapkan pengalaman tersebut, "A person with a generous heart and compassion for all things leads the most blessed life. - Seseorang yang murah hati dan peduli pada berbagai hal maka hidupnya kelak akan lebih beruntung" katanya.

Kita dapat mulai berempati kepada keluarga terlebih dulu. Kemudian kita baru berempati kepada saudara, teman, dan orang lain. Sekecil apapun kepedulian itu akan membuat orang lain merasa bahagia dan pada ujungnya dapat mempererat kasih sayang, persaudaraan dan kesetiakawanan.

Bila dalam keseharian kita selalu menunjukkan kepedulian kepada lingkungan dan empati kepada orang lain, tak ubahnya setiap hari kita selalu mengingatkan orang lain agar bersikap peduli kepada orang lain dan memelihara lingkungan.

Jika hal-hal diatas kita terapkan khususnya untuk para generasi muda kita saat ini, maka akan terwujud dan terciptanya generasi muda yang menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar, serta kepedulian yang tinggi terhadap alam dan orang di sekitarnya, karena peranan mereka sangat besar pengaruhnya terhadap keberlangsungan lingkungan dimasa yang akan datang. Salam IRIS INDONESIA!


TAG

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

Tinggalkan Komentar