Logo
images

Daun Bangun-bangun atau Torbangun

Daun Bangun-Bangun Atau Torbangun

irisindonesia.com - Indonesia kaya akan tanaman herbal yang telah digunakan sejak zaman dahulu untuk menghadapi berbagai penyakit atau sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh. Penggunaan daun herbal sendiri dinilai efektif dan tidak menimbulkan efek samping terlebih ketika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu menjadi alasan tersendiri bagi mereka yang gemar mengonsumsi obat herbal dibandingkan dengan obat-obatan produksi pabrik. Salah jenis tanaman herbal yang banyak digunakan adalah daun bangun-bangun (Coleus amboinicus).

Tanaman yang satu ini memiliki aroma yang cukup khas sehingga dikenal pula sebagai tanaman aromatik. Daun bangun-bangun hidup di daerah tropis dan banyak ditemukan di negara India, Afrika Selatan, dan Ceylon. Ketika masih segar, daun bangun-bangun memiliki bentuk yang tebal, berwarna hijau dengan permukaan daun yang licin.

Baca Juga : Pohon Teureup dan Kearifan Lokal Suku Baduy

Daun torbangun (Coleus amboinicus L) atau daun Bangun-Bangun, merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang hampir mirip dengan pohon nilam, memiliki batang yang relatif lunak, dan tekstur daun yang kasar dan tidak rata.

Daun bangun-bangun dapat ditemukan di Indonesia dengan nama yang berbeda–beda pada tiap daerahnya. Di daerah Batak, daun bangun-bangun dikenal sebagai daun bangun-bangun atau torbangun, di daerah Madura daun ini dikenal dengan daun kambing, di Bali disebut dengan daun iwak dan di Jawa Tengah daun bangun-bangun disebut pula dengan Cumin. Daun bangun-bangun memiliki bentuk melingkar, beruas-ruas, dengan diameter kurang lebih 15 mm, bertulang lunak dan mampu berkembangbiak dengan mudah.

Daun Torbangun/Bangun-bangun sebagai Pelancar ASI

Kaum ibu di Indonesia mengenal berbagai macam tanaman yang dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI, atau yang disebut laktogogum, seperti daun katuk atau daun pepaya. Torbangun adalah salah satu jenis tanaman obat yang banyak dikonsumsi oleh wanita suku batak di propinsi Sumatera Utara yang sedang menyusui. Daun Torbangun dapat memberikan manfaat kesehatan dan pertumbuhan bayi yang ibunya mengonsumsi daun torbangun karena daun ini meningkatkan produksi air susu ibu.

Peningkatan volume air susu terjadi karena adanya peningkatan aktivitas sel epitel yang ditandai dengan meningkatnya DNA dan RNA kelenjar mame, peningkatan metabolisme yang ditandai dengan menurunnya konsentrasi T4 dan glukosa serum. Khasiat Daun Torbangun Daun torbangun mengandung senyawa-senyawa kimia yang berpotensi terhadap berbagai aktivitas biologis seperti antioksidan, diuretik analgesik, mencegah kanker, anti tumor dan anti hipotensif.

Baca Juga : Tanaman Mangkokan, Memiliki Daun Yang Dapat Mengatasi Kerontokan Rambut

Konsumsi daun torbangun juga berpengaruh nyata terhadap peningkatan kadar beberapa mineral seperti zat besi, kalium . seng dan magnesium dalam ASI serta mengakibatkan peningkatan berat badan bayi secara nyata. Kalium pada torbangun bermanfaat sebagai pembersih darah, melawan infeksi, mengurangi infeksi, dan memberikan rasa tenang sehingga sekresi susu akan lancar. Salah satu produk makanan dari daun torbangun adalah sop. Sop torbangun dibuat dengan merebus daun dalam santan yang ditambahkan berbagai bumbu pelengkap. Rasio santan dengan daun torbangun adalah 2:1. Agar tidak basi sop ditambahkan Butylated Hidroxytoluene (BHT) sebagai antioksidan. Sop torabgun ini memiliki citarasa yang khas dan terasa berbeda dengan sop yang lain.

Beragam Manfaat Daun Bangun-Bangun

Daun bangun-bangun memiliki kandungan flavonoid yaitu apigenin, luteolin, salvigenin, genkwanin dan quercetin. Daun bangun-bangun tidak hanya baik untuk ASI melainkan juga untuk mengobati beragam jenis penyakit. Terutama di negara India, daun bangun-bangun banyak digunakan untuk: mengobati :

  • Malaria;
  • Mengobati batu ginjal;
  • Mengobati hepatopati;
  • Mengobati asma kronik;
  • Mengatasi kejang;
  • Mengatasi cacingan;
  • Mencegah cacingan;
  • Mengatasi bronhitis;
  • Mengatasi cekukan;
  • Anti Tumor;
  • Anti kanker.

Selain beragam manfaat daun bangun bangun di atas, ada beberapa manfaat sangat mengejutkan seperti anti tumor dan anti kanker. Daun bangun-bangun juga dikenal sebagai anti inflamasi.


TAG

Dipost Oleh administrator

"Batas Harianto Sidabutar"

Tinggalkan Komentar